Minggu, 29 Juli 2012

ZAKAT FITRAH

Faradha Rasuulullaahi shallallaahu' alaihi wasallama, zakaatal fithri thubratan lish shaa-imi wathu'matan lilmasaakiini, Faman addaahaa qablash sha-laati fahiya zakaatun maqbuulatun, waman addaahaa ba'dash shalaati fahiya shadaqatun minash shadaqaati.

Rasulullah s.a.w mewajibkan zakat fithrah sebagai pembersih bagi orang yang berpuasa (Ramadhon) dari perbuatan sia-sia dan keji.
Dan merupakan bagi para orang miskin , Maka barang siapa yang menunaikannya sebelum shalat ' Idul fithri, maka ia sebagai zakat (fitrah) yang diterima(sah) dan barang siapa yang menunaikannya sesudah sholat ' idul fithri, maka ia hanya sebagai shadaqoh biasa (bukan zakat fitrah)
(H.R. Abu Dawud,Ibn Majah)

Cukupilah mereka ( fakir  miskin) pada hari ini (malam hari raya idul fitri) dengan zakat fithrah

Puasa bulan Ramadhan tidak akan dilangsungkan ke hadhirat Allah, kecuali mereka yang mengeluarkan zakat fithrahnya (Al Hadits)


SHADAQOH ;
 Rasulallah saw, bersabda ; ketahuilah bahwa puasa itu sebagai perisai dan sadaqoh  itu memadamkan kesalahan, bagaikan air memadamkan api (H.R. Turmudzi)

sebaik-baiknya sadaqoh itu, shadaqoh dari orang hanya mempunyai sedikit harta benda, Dan berikanlah dahulu kepada orang-orang yang kamu nafkahi. (H.R. Abu Dawud)

Shadaqoh yang diberikan kepada orang miskin , adalah merupakan shadaqoh saja, sedangkan yang diberikan kepada kerabat-karib merupakan shadaqoh penghubung silaturahmi. (H.R. Nasai)

Barang siapa yang bersadhaqoh walau sebiji kurma dari usaha yang halal, maka Allah akan menerima shadaqoh itu dengan tangan kananNYA , kemudian akan memeliharanya baik-baik, yang kemudian menjadi besar seperti gunung (H.R. Bukhari,Muslim)

Bahwasanya shadaqoh itu memendam (amarah) Allah, dan menolak dari pada kematian yang buruk
Shadaqoh yang dilakukan dengan sembunyi-sembunyi menghilangkan kemurkaan Allah.
Silaturrahmi itu dapat memperpanjang umur , perbuatan-perbuatan baik itu menjaga jurang jurang kejahatan , dan ucapan " LAA ILAAHAILLALLAAH" itu dapat menghindarkan pembacanya dari (99) sembilan puluh sembilan pintu bahaya , (H.R.Ibn.'Asakir dari Ibn Abbas)

Tiap-tiap hamba Allah, telah berada diwaktu pagi, maka turunlah dua malaikat yang berdoa ; yang satu berdo'a, ya Allah berilah orang yang men-infaqkan hartanya , pengganti harta itu.
sedang yang satu lagi berdo'a; ya Allah, seorang yang menahan hartanya (kikir tidak suka men-infaqkan hartanya) itu kehancuran (musnahkan harta bendanya) dengan cara yang Engkau inginkan  (H.R. Bukhari)

Mana saja orang Islam yang suka memberikan pakaian kepada orang islam yang miskin dan hampir telanjang.(yang kurang pakaian) maka Allah, akan memberikan balasan kepadanya pakaian yang sangat indah (pada hari kiamat) dari kain-kain hijau surga.
Dan siapa saja orang Islam yang suka memberikan makanan kepada orang islam yang sedang lapar, maka Allah akan memberi balasan makanan kepadanya yang lezat-lezat  dari buah-buahan surga.
Dan siapa saja orang Islam yang memberikan minum kepada orang islam yang haus , maka Allah, akan memberikan kepadanya minuman yang memuaskan dari air yang sangat baik ( H.R. Ahmad).

Orang yang berusaha untuk kepentingan orang banyak, terutama kepada Anak-anak yatim, janda,dan orang orang miskin sama seperti menegakkan agama Allah.(H.R. Ahmad , Baihaqi)

Barang siapa yang berusaha menghilangkan kesulitan seorang mu'min didunia ini , maka Allah akan menghilangkan kesulitan kepadanya nanti pada hari kiamat (H.R. Muslim)

.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar